Senin, 23 November 2009

PERILAKU KONSUMEN

Seperti kita ketahui bulan ini adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim seluruh dunia karena pada bulan ini seluruh umat islam sedunia melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji.Selain ibadah haji pada bulan ini umat muslim merayakan hari raya idul adha.pada hari itu bagi umat muslim yang mampu dianjurkan untuk berkurban.

Pada bulan ini banyak konsumen yang ingin membeli hewan kurban seperti: sapi,kerbau,kambing,dll.Pada bulan ini banyak produsen yang menaikan harga hewan untuk kurban sehingga produsen ingin mendapatkan keuntungan yang besar.

Disini para konsumen tidak begitu saja membeli hewan kurban tetapi mereka juga melihat kebersihan,kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban.selain itu juga konsumen ingin mendapatkan hewan kurban dengan harga yang rendah tetapi mendapatkan hewan kurban yang besar.

SEGMENTASI PASAR

Seperti kita ketahui pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Saat saya melakukan observasi disebuah pasar yaitu pasar minggu,disana terdapat sebuah mall (ROBINSON) di mall tersebut terdapat tempat parkir dimana saat pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.00 digunakan untuk lahan parkir,sedangkan saat pukul 20.00 sampai dengan pukul 07.00 digunakan untuk berdagang seprti,kebutuhan pokok,sayuran,buah-buahan,ikan,dll.di pasar tersebut para konsumen bebas menawar barang yang mereka inginkan.

Pasar minggu tempatnya sangat strategi karena dekat dengan terminal stasiun dan leyaknya di pinggir jalan raya.Namun kondisi pasar tersebut saat pagi hari sangat kotor karena banyak sekali sampah sisa dagangan disini para petugas kebersihan bekerja ekstra karena setelah pedagang pulang tempat tersebut digunakan untuk lahan parkir.selain itu,banyak pedagang menggunakan bahu jalan raya untuk berdagang sehingga sering membuat macet.

KONDISI SAAT MALAM-PAGI

KONDISI SAAT PAGI-MALAM