Minggu, 10 Oktober 2010

KEMITRAAN NOKIA DAN INTEL

Nokia, vendor ponsel terbesar dunia sepakat bekerja sama dengan produsen chip nomor satu, Intel. Kolaborasi dua raksasa teknologi ini diprediksi bakal mengguncang pasar mobile dengan menciptakan perangkat baru yang revolusioner, dari smartphone hingga netbook. Kemitraan antara produsen chip terbesar di dunia dan produsen telepon genggam terbesar di dunia itu mengisyaratkan sebuah tantangan langsung bagi sistem operasi mulai dari Microsoft, Google dan Apple. MeeGo adalah sistem operasi terbuka, berbasiskan plaform Linux mirip seperti Google Android yang memadukan Maemo Nokia dan Intel's Moblin systems. Hal ini diungkappkan pada konferensi pers pada pembukaan hari pertama Mobile World Congress di Barcelona, pameran perdagangan ponsel terbesar di dunia.

Para analis teknologi menyambut gembira kerja sama antara Intel dan Nokia ini. Will Strauss selaku analis di Forward Concepts menilai Intel lama mencoba memasuki pasar mobile yang merupakan masa depan teknologi. Dengan menggandeng Nokia selaku produsen handset terbesar dunia, Intel pun mendapat sejumlah keuntungan. Meski demikian, para analis menilai kemitraan antara keduanya dapat menimbulkan situasi yang membingungkan. Sebagai contoh, Nokia sekarang mendukung sistem operasi Symbian untuk jajaran ponsel pintarnya yang juga digunakan dua pesaingnya.

Sedangkan bagi Nokia, kolaborasi dengan Intel bisa berarti langkah awal untuk memasuki pasar notebook ataupun netbook. Sebab nama besar Intel di pasar komputer jinjing bakal meningkatkan daya saing Nokia.


Sumber :
http://www.sentraponsel.com/sp1/index.php?option=com_content&task=view&id=575&Itemid=1

http://www.antaranews.com/berita/1266328156/intel-nokia-luncurkan-meego

Tidak ada komentar:

Posting Komentar